Kamis, 05 Juli 2012

Kepemimpinan ISA Almasih


Ada beberapa cara memimpin :
1. Memimpin dengan kekuatan
   Ciri-ciri dari kepemimpinan ini menimbulkan rasa takut kepada setiap orang yang dipimpin. Orang yang dipimpin merasa bahwa pemimpinnya adalah seorang yang kejam, pemarah sehingga  orang yang dipimpin terpaksa harus mengikuti setiap perkataan pemimpinnya.

2. Memimpin dengan bujukan dan kesepakatan
    Ciri-ciri dari kepemimpinan ini adalah ada nya kesepakatan antara pemimpin dan orang yang dipimpin melalui suatu bujukan yang saling menguntungkan keduanya.

3. Memimpin dengan persuasi Pribadi
    Adanya kharisma pemimpin untuk menjadi pemimpin merupakan ciri-ciri kepemimpinan ini. Kepemimpinan yang seperti ini akan menghasilkan sikap yang menawan bagi setiap orang yang dipimpin karena telah diwariskan suatu kharisma kepada pemimpin.

4. Memimpin dengan integritas modelling
    Seorang pemimpin yang menerapkan cara memimpin integritas modelling menghasilkan suatu pengharapan dalam arti wajar dan adil. Tetapi pada dasarnya kepemimpinan seperti ini sulit untuk ditemukan karena jarang untuk menemukan seorang pemimpin yang benar-benar memiliki integritas.

5. Memimpin dengan pelayanan.
    Ini merupakan salah satu cara memimpin yang baik. Memimpin yang didasarkan atas kasih dan kesabaran. Memimpin dengan pelayanan tidak diukur dari jabatan atau posisi seorang. Seorang tukang sapu yang setia melakukan tugas nya tanpa bersungut-sungut sudah dapat dikatakan memimpin dengan pelayanan.
Memimpin dengan melayani akan menghasilkan kasih dan keteladanan.

6. Memimpin dengan sikap yang bijaksana
    Memimpin dengan sikap yang bijaksana, menghasilkan pertumbuhan yang benar karena pemimpin yang  memimpin dengan sikap bijaksana adalah orang yang senang bergaul karif dengan Bibel sehingga kebijaksanaan dari Tuhan turun atas nya.

Dari keterangan diatas, bentuk dari kepemimpinan Yesus adalah Kepemimpinan yang melayani ( Markus 10 :28-31). Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut :
-. Yesus menghargai pengikutnya.
-. Yesus seorang pemimpin yang bertanggung jawab.
-. Rela berkorban
-. Pemimpin yang berbelas kasih.

Untuk menjadi pemimpin yang melayani, harus memiliki visi dan misi yang jelas dan merupakan pemimpin yang visioner. Sebagai contoh kisah Yosua dalam Yosua 1:6

Visi Yosua : Menduduki tanah perjanjian
Misi Yosua : Memimpin bangsa israel masuk ke tanah perjanjian.

Sekian ,,,,,,,,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar